Senin, 13 Desember 2010

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

1. Syarat bagi Tanggung Jawab Moral

· Tindakan dijalankan oleh pribadi yang rasional

· Bebas dari ancaman, tekanan, paksaan atau apapun namanya

· Orang yang melakukan tindakan tertentu memang mau melakukan tindakan itu.

2. Status Perusahaan

Terdapat dua pandangan ( Richard T. De George, Business Ethics, hlm. 153), yaitu :

· Legal-creator

· Legal-recognition

Tanggung jawab sosial perusahaan hanya dinilai dan diukur berdasarkan sejauh mana perusahaan itu berhasil mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya (Milton Friedman,The Social Responsibilities of Business to Increase Its Profits, New York Times Magazine,13-09-1970).

· Anggapan bahwa perusahaan tidak punya tanggung jawab moral sama saja dengan mengatakan bahwa kegiatan perusahaan bukanlah kegiatan yang dijalankan oleh manusia

· Tanggung jawab moral perusahaan dijalankan oleh staf manajemen

· Tanggung jawab legal tidak dapat dipisahkan dari tanggung jawab moral

Sesungguhnya, pada tingkat operasional bukan hanya staf manajemen yang memikul tanggung jawab sosial dan moral perusahaan ini, melainkan seluruh karyawan….

3. Lingkup Tanggung Jawab Sosial

· Keterlibatan perusahaan dalam kegiatan sosial yang berguna bagi kepentingan masyarakat luas

· Keuntungan ekonomis

4. Argument yang menentang perlunya keterlibatan sosial perusahaan

· Tujuan utama bisnis adalah menegejar keuntungan sebesar-besarnya

· Tujuan yang terbagi-bagi dan harapan yang membingungkan

· Biaya keterlibatan sosial

· Kurangnya tenaga terampil di bidang kegiatan sosial.

5. Argument yang mendukung perlunya keterlibatan sosial perusahaan

· Kebutuhan dan harapan masyarakat yang semakin berubah

· Terbatasnya SDA

· Lingkungan sosial yang lebih baik

· Perimbangan tanggung jawab dan kekuasaan

· Bisnis mempunyai sumber daya yang berguna

· Keuntungan jangka panjang

6. Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

· Prinsip utama dalam suatu organisasi profesional, termasuk perusahaan, adalah bahwa struktur mengikuti strategi

· Artinya, struktur suatu organisasi didasarkan ditentukan oleh strategi dari organisasi atau perusahaan itu

· Strategi yang diwujudkan melalui struktur organisasi demi mencapai tujuan dan misi perusahaan perlu dievaluasi secara periodik, salah satu bentuk evaluasi yang mencakup nilai-nilai dan tanggung jawab sosial perusahaan adalah Audit Sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar